Iklan VIP

Admin
Sabtu, 28 September 2024, 21:48 WIB
Last Updated 2024-09-28T14:48:13Z
Click indonesia infodaerahInhil

Teladani Nabi Muhammad saw, SMPN 01 Tanah Merah Gelar Peringatan Maulid


Clikindonesiainfo.id / Tanah Merah -Dalam mengajarkan serta agar anak didiknya meneladani Nabi besar Muhammad saw, SMPN 01 Tanah Merah menggelar berbagai kegiatan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad 1446 Hijriah, dan puncak kegiatan dilaksanakan Sabtu ( 28 September 2024 ) di Mesjid Besar Nurul Jama'ah Kecamatan Tanah Merah.


Kepala SMPN 1 Tanah Merah HM. Syamsi menyampaikan kegiatan Maulid Nabi Muhammad ini merupakan rangkaian kegiatan siswa-siswi SMPN 01 Tanah Merah melalui Program OSIS di komandoi oleh Ekstrakurikuler Rohani Islam .


“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk akan cinta kita pada Baginda Rasulullah saw. Dimana, kegiatan ini dilaksanakan oleh Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis)SMPN 01 Tanah dengan tujuan agar siswa-siswi kita dapat meneladani sifat dan prilaku Nabi Muhammad saw,”ungkapnya.


Kemudian, ia menerangkan dalam Maulid nabi kali ini berbagai kegiatan dilaksanakan yakni perlombaan kegiatan keagamaan dan ceramah agama oleh ustad dari luar sekolah.


“Kegiatan ini kita laksanakan selama dua hari. Dimana, hari pertama berbagai perlombaan keagamaan berupa lomba Adzan, tartil quran, tahfidz quran, dan ceramah agama antar kelas. Sementara, dihari kedua dilaksanakan kegiatan siraman rohani oleh ustad dari luar sekolah dari provinsi jambi disponsori oleh orang tua wali murid yaitu ustad Al habib labib bin Syekhon Baragbah,":Ujarnya .


Selanjutnya, Syamsi mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini akan dapat memberikan semangat dan prilaku siswa-siswi SMPN 01 Tanah Merah untuk lebih baik lagi.


“Kami berharap dengan adanya siraman rohani dari penceramah Ustad Al habib labib bin Syekhon Baragbah akan menjadikan anak didik kita lebih baik lagi dalam berprilaku dan terus giat dalam belajar,”tutupnya.


Sementara, Al habib labib bin Syekhon Baragbah selaku penceramah mengajak para siswa siswi SMPN 01 Tanah Merah Keberkahan yang kita dapat jika kita taat dan hormat kepada guru Lebih mudah menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Ilmu yang diperoleh dari guru akan menjadi manfaat bagi orang lain. Akan selalu didoakan oleh guru. Akan membawa berkah, memudahkan urusan, dianugerahi nikmat yang lebih dari Allah swt.


“Shalawat kepada nabi Muhammad saw adalah salah satu bentuk cinta kita kepada Rasulullah. Maka dari itu marilah kita perbanyak shalawat kepada baginda nabi besar Muhammad saw,” ajaknya.


Terakhir, ia menjelaskan diadakannya Maulid Nabi Muhammad saw adalah sebagai bentuk pengingat akan kelahirannya dan perjuangannya dalam mengajarkan ajaran Islam.


“Kita memperingati Maulid Nabi Muhammad saw agar kita dapat mempelajari kelahiran, silsilah, dan perjuangan baginda nabi dalam mengajarkan Islam hingga kita dapat mensuritauladani nya,”pungkasnya.


Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut Korwil Dinas Pendidikan Ibu Hj.Susi Tri Rahayu sekaligus Pengawas Pendidikan tingkat SMP, majelis Guru, dan Staff Tenaga Administrasi Sekolah SMPN 01 Tanah Merah.


“Carilah ilmu dengan nalar dan motivasi, karena ilmu itu ada pada diri kita sendiri. Selain itu, teladani lah akhlak dan tingkatkan iman kepada Nabi Muhammad saw,”pungkasnya.


Sementara itu, dalam hikmah Maulid, Al habib labib bin Syekhon Baragbah menyampaikan, orang yang berilmu dan berakhlak baik akan diangkat derajatnya oleh Allah. Ia menyebut, pentingnya asupan yang baik bagi tubuh, karena makanan yang kita konsumsi berpengaruh terhadap akhlak kita.


“Semoga peringatan Maulid Nabi ini dapat memperkuat keimanan dan akhlak kita, serta menjadikan kita teladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari,"tuturnya (Mhd).