Iklan VIP

Redaksi
Rabu, 11 September 2024, 11:02 WIB
Last Updated 2024-09-11T04:06:33Z
Gus IpulJakartaJokowiLantikMensosNasionalPBNU

Presiden Jokowi Lantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial

Foto : YouTube sekretariat Presiden 


Jakarta, Clickindonesiainfo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial di Istana Negara Jakarta pada Rabu, 11 September 2024. Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102P Tahun 2024 yang berisi tentang pengangkatan Menteri Sosial dalam Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan 2019-2024. Keputusan tersebut dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Setelah pembacaan Keppres, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Gus Ipul. Dalam sumpahnya, Gus Ipul berjanji untuk setia pada UUD 1945 dan akan menjalankan peraturan perundang-undangan demi bakti kepada bangsa dan negara. Ia juga menegaskan pentingnya menjunjung tinggi etika jabatan dan bertanggung jawab dengan penuh dedikasi dalam menjalankan tugas tersebut.

Pelantikan diakhiri dengan penandatanganan berita acara sumpah jabatan oleh Gus Ipul dan diikuti dengan ucapan selamat dari Presiden Jokowi serta tamu undangan yang hadir. Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Sosial dan mundur untuk mendaftar sebagai calon gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2024.

"Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segara peraturan perundangan-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara, bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata Gus Ipul di kutip dari kanal YouTube sekretariat Presiden 
    
Selain Gus Ipul, juga dilantik sejumlah pejabat lain dalam reshuffle kabinet, seperti Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Irjen Pol Eddy Hartono juga dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (Jack)