Iklan VIP

Admin
Senin, 05 Agustus 2024, 09:52 WIB
Last Updated 2024-08-05T02:52:50Z

Pelatihan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 01 Tanah Merah

 

Foto bersama usai pelatihan P5di aula ruang media SMP N 01 tanah merah 


Clickindonesiainfo.id | Tanah Merah (Inhil) - Pada tanggal 03 Agustus 2024,  di aula Ruang Media SMPN  01 Tanah Merah menjadi saksi dari antusiasme para guru yang tengah mengikuti Pelatihan dengan tema yang tak kalah menarik, yaitu “Projek Penguatan  Guru dalam  Profil Pelajar Pancasila” yang dipimpin langsung oleh Kepala SMPN 01 Tanah Merah HM.Syamsi.


Tak lagi sebatas kurikulum konvensional, kegiatan ini menggandeng salah satu  narasumber yang sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka disekolahnya Kamaludin.


Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, P5 adalah singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sebuah pendekatan berbasis proyek yang memfokuskan pada pengembangan karakter siswa melalui pendekatan yang kreatif dan partisipatif.


Kamaludin selaku pemateri mengatakan Salah satu dimensi profil pelajar Pancasila yang ditanamkan di sekolah adalah kreatif. Seorang siswa yang memiliki dimensi kreatif berarti mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak untuk mengatasi berbagai persoalan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungan di sekitarnya.


"Untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, diperlukan peran pendidik untuk menuntun, mengenali, sekaligus sebagai panutan. Ketika seorang pendidik menjalankannya, maka akan lebih mudah bagi siswa melihat, mempelajari, dan mengikutinya,"ujarnya.(Mhd).