Iklan VIP

Admin
Jumat, 09 Agustus 2024, 13:43 WIB
Last Updated 2024-08-09T08:41:25Z

Melalui Kapusdik Kwartir Cabang 0402 Gerakan Pramuka Inhil Resmi Buka Perkemahan Hari Pramuka ke 63

kepala Pusat Pendidikan Dan Latihan Gerakan Pramuka Lettu Inf Agusturahim memberikan sambutan dan membuka perkemahan hari Pramuka ke 63, Kamis (9-8-2024).


Clickindonesiainfo.id / INHIL - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke 63, Kwartir Cabang 0402 Gerakan Pramuka Inhil melaksanakan Giat Lomba Perkemahan Penggalang Penegak yang dilaksanakan dari tanggal 8 Agustus - 11 Agustus tahun 2024 bertempat di Graha Pramuka Jalan Subrantas Tembilahan.


Perkemahan di buka oleh Kwarcab Inhil yang diwakili oleh kepala Pusat Pendidikan Dan Latihan (Kapusdik) Gerakan Pramuka Lettu Inf Agusturahim. Kamis (9-8-2024).


Hadir dalam pembukaan Perkemahan unsur Andalan Cabang, Andalan Ranting, Kamabigus, Pembina gugus depan dan Dewan kerja cabang.

 

Peserta Perkemahan dalam rangka Hari Pramuka ke 63 diikuti oleh, Penggalang 11 pangkalan terdiri dari 11 regu putra dan 11 putri dengan jumlah 210 orang, sedangkan Penegak 14 Pangkalan terdiri dari 14 sangga putra dan 14 sangga putri jumlah 280 orang dengan  Total berjumlah 490 orang.


Dengan motto:

“Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan” kegiatan Perkemahan dengan Tema “Pramuka Berjiwa Pancasila dan NKRI”.


Atas nama ketua Kwartir cabang 0402 Gerakan Pramuka Inhil kak Agusturahim dalam kata sambutannya memberikan Apresiasi atas terselenggaranya pelaksanaan Giat Lomba Perkemahan Penggalang Penegak di hari Pramuka ke 63. Mudah-mudahan kegiatan bernilai positif ini dapat berlanjut terus serta ke depan dapat ditingkatkan.


"Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda,"ujarnya.


Didalam era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi juga banyak permasalahan bangsa yang kita hadapi. Seperti diketahui bersama,Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda yang disiapkan menjadi kader pembangunan yang memiliki kemampuan dan keterampilan.


"Untuk itu, setiap anggota Pramuka dididik untuk mempunyai Karakter, Sikap, mental dan kecakapan hidup atau keterampilan untuk menghadapi permasalahan - permasalahan yang ada, bahkan untuk masa yang akan datang,"ucapnya.


Banyak hikmah yang dapat dipetik dengan mengikuti kegiatan Pramuka lanjutnya, terutama kegiatan perkemahan, diantaranya menumbuhkan rasa kebersamaan dan semangat gotong royong dengan etika moral yang baik. Tempat menerpa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para Pramuka.


"Dengan mengucapkan bismillahirahmannirahim perkemahan hari Pramuka ke 63 di buka," tutupnya. (Muhammad).