Iklan VIP

Redaksi
Senin, 15 Juli 2024, 22:04 WIB
Last Updated 2024-07-15T15:05:23Z

Telkom Witel Purwokerto Dukung Good Governance melalui Implementasi Satu Data Indonesia

Foto : PGS General Manager Telkom Witel Purwokerto Erna Wiyati, S.T, M.M. yang juga menjabat sebagai Operation Senior Manager Regional Wholesale Service Telkom Regional Jawa Tengah - DIY saat membuka acara


PURWOKERTO, Clickindonesiainfo.id - Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Wilayah Telekomunikasi (Witel) Purwokerto menggelar acara temu pelanggan segmen pemerintahan di area Banyumas dan sekitarnya bertempat di Purwokerto.

“Sejalan dengan strategi PT Telkom untuk fokus pada segmen Business to Business (B2B) mulai Juli 2023 lalu, kami mengadakan acara temu pelanggan untuk segmen local government dengan tema Implementasi Satu Data Indonesia sebagai wujud dukungan Telkom Group terhadap good governance. 

“Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 menyebutkan bahwa, Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk. 

“Telkom melalui Bigbox menyediakan solusi big data analytic untuk memudahkan pengelolaan data pemerintahan sehingga dapat diwujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan interoperabilitas,” ungkap PGS General Manager Telkom Witel Purwokerto Erna Wiyati, S.T, M.M. yang juga menjabat sebagai Operation Senior Manager Regional Wholesale Service Telkom Regional Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Senin, (15/7/2024).

Acara yang dibuka langsung oleh PGS General Manager Telkom Witel Purwokerto, Erna Wiyati, S.T, M.M. ini dihadiri Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banjarnegara, Barijadi Djumpaedo, S.Sos., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Supriyanto, S.H., M.Si., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Purbalingga, Dra. Jiah Palupi Twihantarti, M.M., para pejabat perwakilan dari Sekretariat Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, para pejabat dari Badan Keuangan Daerah dan Aset maupun Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Cilacap dan Purbalingga. 

Turut hadir sebagai pembicara adalah Penelaah Pengembangan Usaha Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah Kota Semarang, Taufan Yuristian Dalimarta, S.Sos. dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap, Supriyanto, S.H., M.Si. menyampaikan testimoni tentang penggunaan layanan Bigbox di Pemerintah Kota Semarang dan Kabupaten Cilacap, serta Senior Product Manager Big Data & AI, Anwar Sadat dan Account Manager dari Bigbox, End-to-End Data Management & Analytics Platform milik PT Telkom Indonesia, Adi Luhur.

“Harapan kami acara ini bisa menjadi milestone bagi pemerintahan daerah di area Banyumas dan sekitarnya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan profesional sehingga tercipta pelayanan publik yang lebih baik melalui pemanfaatan teknologi untuk layanan aplikasi informatika pemerintahan,” tukas Erna Wiyati S.T., M.M. yang juga menjabat sebagai Operation Senior Manager Regional Wholesale Service Telkom Regional Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Erna Wiyati menceritakan pengalamannya pada bulan Januari 2020 lalu bersama Taufan Yuristian Dalimarta turut menjadi inisiator implementasi Satu Data Indonesia menggunakan layanan big data analytic dari Bigbox di Pemerintah Kota Semarang, dimana saat ini kota Semarang memiliki skor kematangan Satu Data Indonesia tertinggi Jawa Tengah dengan indeks sebesar 89,58%, tertinggi nasional dengan skor 93% (optimum). (rah/ari)