Iklan VIP

Admin
Senin, 29 Juli 2024, 08:11 WIB
Last Updated 2024-07-29T01:12:38Z

Peringati Hari Kebaya Nasional 2024, Danlanal : Pentingnya Kebaya Dalam Perkuat Indentitas Nasional

Peringatan Hari Kebaya Nasional 2024



Clickindonesiainfo.id / Sleman - Bertempat di Malika Ball Room, Sleman City Hall Komandan Lanal Yogyakarta di wakili  Pasproga Lanal Yogyakarta Mayor Laut (K/W) Wharu Drajatonah, menghadiri peringatan Hari Kebaya Nasional 2024 dengan tema "Kebaya Sebagai Simbol Kemandirian Wanita Indonesia".


Dari waktu ke waktu, kebaya membawa makna berbeda-beda. Dengan ditetapkannya 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional, negara secara resmi meresmikan kebaya sebagai busana nasional. Minggu (28/7/2024).


Peringatan tersebut diresmikan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 19 Tahun 2023 Tentang Hari Kebaya Nasional. penetapan 24 Juli sebagai Hari Kebaya Nasional didasari oleh beberapa pertimbangan.


Pertama, kebaya dianggap sebagai identitas nasional yang menyatukan berbagai etnis di Indonesia dan telah menjadi aset budaya berharga yang perlu dilestarikan.


Kedua, kebaya telah berkembang menjadi busana yang digunakan secara nasional dalam berbagai kegiatan, baik di tingkat nasional maupun internasional.


Di tempat berbeda Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta menyampaikan peringatan Hari Kebaya Nasional merupakan bentuk penghargaan terhadap kebaya sebagai identitas nasional yang mempersatukan berbagai etnis di Indonesia. 


"Sekaligus menegaskan peran perempuan dalam sejarah dan budaya bangsa, serta pentingnya kebaya dalam memperkuat identitas nasional dan mendukung kesejahteraan ekonomi pengrajin lokal khususnya di DI Yogyakarta,"jelas Danlanal.(Kaperwil DIY).