Iklan VIP

Admin
Jumat, 19 Juli 2024, 10:24 WIB
Last Updated 2024-07-19T03:24:44Z

Dari Kecamatan Tanah Merah ke Nasional, Kisah Sukses Ia Rika Aulia Siswa SMP Negeri 01 Tanah Merah di OSN IPS

Ia Rika Aulia siswi SMP Negeri 01 Kecamatan Tanah Merah.


Clickindonesiainfo.id / Tanah merah (Inhil)- Ia Rika Aulia merupakan siswa dari SMP Negeri 01 Kecamatan Tanah Merah. Rika bertempat tinggal di  Kampung Agas kelurahan Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah.


"Perjalanan menuju ke sekolah harus ia tempuh menggunakan kendaraan laut seperti pompong, terkadang menggunakan  sampan dayung. Boleh dikatakan Rika merupakan salah satu siswa yang tempat tinggalnya terjauh dari sekolah diantara siswa  SMP Negeri 01 Tanah Merah. 


"Rika, panggilan akrabnya terlahir dari pasangan Bapak Fisir dan ibu Kasmi, mempunyai dedikasi yang tinggi.   


"Rika telah mengukir prestasi gemilang dengan lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2024 di bidang IPS untuk jenjang SMP. Atas pencapaiannya, Ia Rika Aulia akan mewakili Provinsi Riau pada ajang bergengsi tersebut yang akan diadakan pada awal Agustus 2024 di Jakarta.


"OSN adalah kompetisi prestisius yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional. Para peserta yang mengikuti kompetisi ini adalah siswa-siswi yang telah berhasil lolos dari seleksi tingkat kabupaten/kota madya dan provinsi.


"Ia Rika Aulia berhasil menonjol di antara yang terbaik, mengalahkan para pesaingnya di tingkat provinsi dan siap mengharumkan nama Provinsi Riau di tingkat nasional.


Kepala SMPN 1 Tanah Merah, HM.Syamsi, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian Ia Rika Aulia. 


“Dari lima belas siswa SMP Negeri 1 Tanah Merah terbaik yang mengikuti OSN di Dinas Pendidikan Tingkat Kabupaten, hanya Ia Rika Aulia yang berhasil masuk juara dan tembus ke tingkat nasional,” ungkap  Ketua PGRI Kecamatan Tanah Merah ini.


Proses pembinaan yang diterapkan di SMPN 01 Tanah Merah bagi siswa yang mengikuti lomba sangat intensif.


“Ketika ada lomba, kami Bimbing  siswa, membuat jadwal pembimbingan yang disesuaikan dengan jadwal mengajar guru, dan guru bergantian membimbing mereka. Begitu terus mereka digembleng untuk persiapan menghadapi setiap event, khususnya yang akademik,” jelas HM.Syamsi.


"Sebagai kepala sekolah, M.Syamsi jauh-jauh hari telah membagi tugas untuk tim akademik agar fokus pada materi-materi yang akan dilombakan. “Guru bekerja membimbing sesuai batasan-batasan materi yang diperlombakan, lalu kami bagi tugas materi apa yang harus diajarkan,” tambahnya.


HM.Syamsi menyampaikan harapannya agar Ia Rika Aulia dapat meraih prestasi yang membanggakan di ajang tingkat nasional.


“Harapan saya selaku kepala sekolah, semoga anak  kita Ia Rika Aulia di ajang tingkat nasional nanti bisa meraih prestasi yang membanggakan dengan keluar sebagai juara. Ia Rika Aulia ini memang punya prestasi sejak SD melalui berbagai lomba-lomba yang pernah diikuti,” ujarnya penuh optimisme.


Dengan dedikasi dan semangat yang tinggi, Ia Rika Aulia telah membuktikan bahwa kerja keras dan bimbingan yang tepat dapat membawa siswa meraih prestasi yang luar biasa. Seluruh warga SMPN 01 Tanah Merah mendukung penuh dan mendoakan kesuksesan Ia Rika Aulia Nasional 2024.(Mhd)