Iklan VIP

Admin
Senin, 24 Juni 2024, 22:34 WIB
Last Updated 2024-06-24T15:37:20Z

Dapur Rumah Warga di Cilacap Ludes Terbakar Saat di Tinggal Kondangan


Clickindonesiainfo.id /Cilacap - Sebuah rumah di Dusun Kedungdadap, Desa Rejamulya, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah ludes terbakar, Senin (24/6/2024). Kebakaran diduga dipicu dari sisa api di tungku yang digunakan untuk membuat gula merah.


Kepala Damkar Cilacap Supriyadi menjelaskan, peristiwa itu bermula saat pemilik rumah, Roin (54), memasak air nira untuk membuat gula merah. 


"Setelah dipastikan matang, lalu ditinggal pergi sama pemilik rumah untuk kondangan di Karangwangkal yang masuk wilayah Jabar," kata Supriyadi.


Usai ditinggal pergi, sekitar pukul 11.30 WIB, warga melihat kepulan asap dari rumah korban. Warga kemudian berdatangan untuk memadamkan api. Beruntung api dapat cepat dikendalikan karena terdapat mesin cuci stem.


"Kebetulan di rumah Pak RW yang bersebelahan dengan rumah korban sedang melakukan perbaikan rumah. Api dapat dipadamkan 30 menit kemudian," katanya lagi. Akibat peristiwa itu, kata Supriyadi, kerugian diperkirakan sekitar Rp 25 juta. 


"Kebakaran disebabkan human error. Api dari tungku yang digunakan untuk memasak air nira menjalar ke bagian atap dapur," lanjut Supriyadi. (Sugi)