Iklan VIP

Admin
Kamis, 30 Mei 2024, 20:35 WIB
Last Updated 2024-05-30T13:35:29Z

Terkait Jalan Rusak di Dusun Kenalan, Begini Kata Lurah Bangunjiwo









clickIndonesiainfo.id/ Bantul (DIY), - Dari pemberitaan sebelumnya tentang keluhan warga Dusun Kenalan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul terkait jalan sepanjang 1,5 kilo yang sudah 10 tahun lebih tak kunjung diperbaiki, awak media mencoba mengkonfirmasi Lurah setempat, setelah membuat janji akhir awak media bertemu dengan Lurah Bangunjiwo Mugi Raharjo di kantor Kalurahan Bangunjiwo, pada Kamis (30/5/2024).


Lurah Bangunjiwo menjelaskan bahwa ketika pihaknya mengajukan untuk perbaikan jalan di Dusun Kenalan, ternyata itu adalah jalan Desa, namun akhirnya setelah ada usulan lagi pihaknya mengajukan jalan tersebut menjadi jalan Kabupaten.


"Waktu itu Jalan tersebut jalan Desa, karena kita keberatan harus membangun sepanjang 1,5 kilo dananya darimana, akhirnya kami usulkan menjadi jalan Kabupaten, dan sekarang statusnya menjadi jalan Kabupaten"jelasnya.


Kalau 1,5 kilo lanjutnya, kita bangun dengan cor blok pihaknya membutuhkan dana 1 miliar, untuk dana desa untuk 1 tahun dana nya dibagi di 19 Pedukuhan yang ada di Kalurahan Bangunjiwo, jadi pihaknya terlalu berat sehingga tidak mampu.


"Kalau yang jalan-jalan kampung sudah bagus semua, tidak ada keluhan, kemarin baru saja 175 juta dari Danais untuk cor blok, jadi kalau untuk jalan-jalan kampung tidak ada masalah,"ujarnya.


Kewenangan kita hanya mengusulkan, nanti sesuai kemampuan Kabupaten karena 1 Kabupaten yang diambil jalannya ribuan kilo, rata - rata Kabupaten membangun jalan sekitar 500 meteran.

"Sebenarnya kita juga mendapat jatah setiap tahun sekitar 200 meter sampai 500 meter itu yang jalan kabupaten,"katanya.


Tahun 2023 pihaknya pun mendapatkan jatah dari dana Pagu Indikatif Kewilayahan (PIK) Kapanewon sekitar 300 juta untuk perbaikan jalan yang menuju ke Krebet hanya 200 meter, dan tahun 2024 pihaknya juga mendapatkan Dana tersebut untuk melanjutkan pembangunan jalan tersebut, karena masih ada jalan yang sangat rusak, untuk dananya diperkirakan 400 juta.


"Dana PIK per Kapanewon untuk wilayah Kasihan hanya 2 miliar dibagi 4 Kalurahan, jadi sumber dananya dari PIK, Dana Desa dan penggunaannya juga sudah ada aturan dan regulasinya, memang untuk jalan di Dusun Kenalan sudah kita usulkan juga, namun ya itu antrinya lama,"jelasnya.


Sebenarnya lanjut Mugi, tahun kemarin pihaknya sudah merencanakan ingin mencicil pembangunan jalan di Dusun Kenalan untuk di cor, namun kewenangannya sudah Kabupaten.


"Saya punya pengalaman di Donotirto dulu juga kerusakan jalan 1,5 kilo tetapi selesainya 4 tahun, kita Danai dari mulai 100 sampai 200 juta, nah yang untuk jalan di Dusun Kenalan apabila Kabupaten sudah tidak mau, ya nanti bisa kita semampunya tiap tahun dikerjakan, mampu nya 200 meter ya kita kerjakan hingga selesai,"ujarnya.


Untuk jalan di Dusun Kenalan pihaknya setiap tahun sudah mengajukan melalui musrenbang, dan pihaknya pun sudah ada rencana untuk perbaikan jalan di Dusun Kenalan, serta apabila dibutuhkan proposal untuk mengajukan, pihaknya bersedia melengkapinya.


(Kaperwil DIY).