Iklan VIP

Redaksi
Rabu, 15 Mei 2024, 10:56 WIB
Last Updated 2024-05-15T03:57:47Z
Desa LebakJatimPasuruan

Ratusan Juta Operasional Poskesdes dan Posyandu Desa Lebak di 2023 Mendapat Perrhatian Masyarakat



Pasuruan, Clickindonesiainfo.id - kembali desa lebak kecamatan winongan kabupaten pasuruan mendapatkan sorotan masyarakat. Usai pengerjaan fisik bangunan yang dinilai tidak sesuai RAB dan spesifikasi teknis pada pengerjaan pavingisasi JUT Dusun gentengan yang tahap pengerjaan di 2024 , kini sorotan tertuju pada anggaran operasional posyandu dan kesehatan desa yang cukup besar ditahun 2023.

"Pada data yang kita punya,Desa lebak ditahun 2023 cukup besar dalam penganggaran operasional posyandu dan pos kesehatan desa (poskesdes), nilainya ratusan juta kalau di akumulasikan. Ungkap Zainal arifin, ketua Lembaga Tameng perjuangan rakyat anti korupsi (TAMPERAK). 

Zainal menambahkan, apakah ratusan juta anggaran dari pemerintah pusat dan daerah yang dikelola pemerintah desa lebak itu tepat sasaran pada masyarakat desa atau tidak, hal itu perlu adanya monitoring dari masyarakat umum, hususnya warga desa lebak sendiri agar jeli dan bisa mengkritisi penggunaan anggaran di desanya. "Disamping kita sebagai pegiat akan meminta audit internal pemerintah seperti Inspektorat ataupun audin eksternal seperti BPK  ataupun APH turut melakukan evaluasi penggunaan anggaranya,"Ungkapnya. 

Diketahui dari data Om Span yang di dapat media ini untuk desa lebak ditahun 2023 tercatat total anggaran kegiatan penyelenggaraan pos kesehatan desa(PKD) , Obat obatan, tambahan insentif bidan desa, penyelenggaraan pelayanan KB,mencapai total Rp. 148.590.000,'

"Selain kegiatan poskesdes, kegiatan posyandu pada penyediaan makanan tambahan untuk balita juga lumayan besar mencapai Rp. 75.000.000 untuk tahun 2023 ." Untuk tambahan makanan balita perlu di jelaskan,apa saja peruntukanya pada Balita,hal ini penting karena selaras dengan program pemerintah pusat untuk memerangi angka stunting.Ungkap Zainal. 

" dari papan informasi anggaran didesa hanya tercatat gelondongan, untuk itu saya kira masyarakat harus bersikap kritis dengan berani menanyakan sumber anggaran dan peruntukan anggaran di desa, baik DD ataupun ADD serta Bagi hasil pajak atau PAD desanya,"Terangnya.(Jack)