Iklan VIP

Redaksi
Rabu, 29 Mei 2024, 23:52 WIB
Last Updated 2024-05-29T16:55:03Z
JatimNasionalPasuruanPilkada 2024PKD Bawaslu

Kisruh Seleksi PKD Glagahsari, M. Fauzi : TM Dibuat Alat Jatuhkan Calon Lain.

Foto : M Fauzi saat klarifikasi di panwascam di Kantor balai desa Glagahsari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan,28/05/2024. Sore

Pasuruan, Clickindonesiainfo.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melalui Panwascam telah melakukan rekrutmen untuk Panwaslu Kelurahan Desa (PKD) untuk pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur dan Bupati-Wakil Bupati Pasuruan pada pilkada serentak 2024.

Seperti yang dilakukan oleh Sekretariat Panwascam Sukorejo yang telah melaksanakan serangkaian tahapan wawancara untuk calon PKD yang akan bertugas di setiap kelurahan dan desa di wilayah Kecamatan Sukorejo.

Namu setelah tahapan wawancara selesai ada ketikdakpuasan dari salahsatu calon PKD Desa Glagahsari, M. Fauzi. pasalnya terdapat dugaan adanya persaingan tidak sehat yang dilakukan oleh calon lain.

M. Fauzi mengatakan, Pada sesi tanggapan masyarakat ada salahsatu calon PKD Desa Glagahsari menyuruh orang lain ngasih tanggapan negatif untuk menjatuhkan saya.(28/05/2024)

”Tanggapan masyarakat itu hanya untuk menjatuhkan saya dan sudah saya konfirmasi ke yang bersangkutan, orangnya mengakui bahwa dia ngasih tanggapan atas perintah calon PKD atasnama X, ditanya kepentingannya apa jawabnya hanya disuruh calon atasnama X.” 

”saya hanya disuruh ngirim dan yang membuat tanggapan itu bukan saya tapi si X ini, jadi saya dikasih file untuk dikirim ke bawaslu lewat Email, saya hanya menjalankan saja tidak mempunyai kepentingan apa-apa.” Kata M. Fauzi saat menirukan Pengirim Tanggapan Masyarakat.

Sementara Erik Ketua LSM TRINUSA Pasuruan mengingatkan kepada Panwascam Sukorejo agar supaya tidak meloloskan calon yang melakukan cara kotor untuk menjatuhkan calon lain.

”ini peringatan keras untuk panwascam agar tidak meloloskan calon yang melakukan cara-cara tidak terpuji untuk menjatuhkan calon lain, karena PKD ini harus di emban oleh orang yang betul-betul punya integritas agar proses pilkada ini berjalan dengan lancar tanpa ada kecurangan.” katanya.

Erik menambahkan, jika salah satu calon ini terbukti melakukan cara kotor dan diloloskan jadi PKD maka Panwascam akan menanggung sendiri resikonya.(S/Jack)