Iklan VIP

Redaksi
Jumat, 10 Mei 2024, 15:24 WIB
Last Updated 2024-05-10T08:27:22Z

Bermain Bagi Anak Bermanfaat Untuk Kesehatan Mental dan Mengembangkan Berbagai Kemampuan



PASURUAN,Clickindonesiainfo.id - Kegiatan Seru Ayah dan Anak di Akhir Pekan atau di sela liburan dan Melakukan aktivitas bermain nyatanya juga bermanfaat untuk kesehatan mental anak. Mengapa demikian?

Ketika bermain, hormon dalam tubuh yang menghasilkan rasa senang (endorfin) akan dikeluarkan sehingga anak merasa senang. Hal ini akan membuat mental anak menjadi lebih stabil, terhindar dari kondisi tantrum, dan gangguan emosi lainnya.
Apa sajakah manfaat bermain untuk anak? Antara lain ada 5 hal berikut, 
1. Membantu anak mengembangkan berbagai kemampuan
Bermain bersama anak menjadi salah satu cara untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial dan pengendalian diri. Pemikiran anak-anak ibarat spons kecil, mereka menyerap apa pun yang mereka lihat.

Ketika mereka berinteraksi dengan orang tua, mereka akan belajar bagaimana orang berperilaku dalam pengaturan sosial.

2. Membantu membangun hubungan yang kuat
Bermain bersama anak juga merupakan salah satu alat yang paling efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan anak. Bermain menambah kegembiraan, vitalitas, dan ketahanan dalam hubungan. Melalui bermain, anak belajar mempercayai orang lain dan merasa aman.

3. Baik untuk kesehatan orang tua
Sebagai bonusnya orang tua juga mendapatkan manfaat dengan bermain bersama anak. Hormon oksitosin (hormon yang berkaitan dengan cinta atau kasih sayang), akan terlepaskan setiap kali orang tua terlibat dalam permainan penuh kasih sayang dengan anak-anak mereka.

4. Membuat anak menjadi mandiri
Anak-anak sering kali mempunyai sedikit kebebasan berpendapat dalam aktivitas sehari-hari mereka. Mereka menghabiskan sebagian besar hari-harinya untuk mendengarkan apa dan kapan melakukannya, hingga ke mana mereka harus pergi.
Namun, dalam dunia permainan, mereka mempunyai kesempatan untuk menetapkan aturan dan menjadi ‘pihak’ yang berkuasa. Mereka bisa menjadi pemimpin dan orang dewasa bisa menjadi orang yang mendengarkan dan mengambil arahan.

Bermain bersama anak juga mampu mengembangkan rasa kemandirian yang lebih kuat. Selain itu, anak-anak yang nyaman bermain sendirian juga merasa lebih mampu menangani tugas-tugas seorang diri, dan mencari tahu bagaimana mereka bisa menyesuaikan diri.

5. Mengembangkan kosakata dan bahasa
Dalam melakukan permainan berpura-pura dan bentuk lainnya, anak-anak terutama pada usia prasekolah, dapat meningkatkan kemampuan berbahasanya. Kemampuan ini termasuk juga kemampuan berbicara dan pemahaman terhadap kata-kata yang mereka ucapkan.

Itulah manfaat bermain bersama anak, baik untuk anak maupun untuk orang tua. Nah, setelah bermain bersama anak, jangan lupa juga membersihkan tubuh dari keringat dan bakteri supaya terhindar dari penyakit.(ze/red)