Iklan VIP

Redaksi
Selasa, 27 Februari 2024, 17:13 WIB
Last Updated 2024-02-27T10:13:55Z

KPU Inhil Resmi Buka Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten



Clickindonesiainfo. id-TEMBILAHAN ,-Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) resmi buka rapat pleno rekapitulasi pemilu 2024 tingkat kabupaten Selasa, 27/02/2024 di Gedung Engku Kelana Jalan Baharudin Yusuf Tembilahan Kota.



Rapat pleno terbuka terkait rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten berdasarkan hasil pleno 20 kecamatan se-inhil itu sedianya akan berlangsung selama 3 hari, hingga Kamis ( 29/02/2024).


"Jika tidak ada halangan yang berarti, direncanakan akan berlangsung selama 2 atau 3 hari kedepan. Hari ini perhitungan dimulai dari kecamatan Reteh," terang Ketua KPU Inhil, Herdian Asmi kepada Awak media. 


Herdian menjelaskan pihaknya akan berupaya untuk memaksimalkan kinerja KPU dalam melaksanakan sidang rapat pleno terbuka tingkat kabupaten tersebut.


"Kita targetkan perharinya dapat merampungkan 7 hingga 8 kecamatan," lanjut Ketua KPU.


Rapat pleno terbuka yang dimulai sejak pagi itu dijelaskan Herdian Asmi direncanakan akan berlangsung hingga pukul 00.00 wib dini hari.


Lebih jauh Herdian Asmi menjelaskan KPU Inhil melaksanakan rapat pleno tersebut berdasarkan Undang-Undang No 7 Tahun 2017 serta peraturan KPU No 5 tahun 2024.


Sementara itu komisioner Bawaslu Inhil Rahmadian mengharapkan rapat pleno terbuka yang diselenggarakan oleh KPU Inhil itu dapat berjalan sebagai mana mestinya. dan pihaknya akan terus mengawal proses pleno tersebut hingga usai.


"Kita harapkan proses rapat pleno ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, kita terus mengawal hasil pleno ini berdasarkan hasil pleno yang ada di kecamatan. Kita tidak ingin nantinya ada perubahan atau pergeseran suara yang dapat merugikan peserta pemilu dan suara keterwakilan dari masyarakat," tegas Rahmadian.


Diketahui rapat pleno terbuka tersebut dihadiri oleh seluruh perwakilan saksi dari peserta pemilu itu sendiri serta dikawal oleh pihak kepolisian dan TNI bersama unsur lainnya. (Mhd)