Iklan VIP

Redaksi
Minggu, 28 Januari 2024, 13:38 WIB
Last Updated 2024-01-28T06:42:50Z
Desa KrontoDurianJatimLumbangPasuruanSelamatan Desa

Sudah Tradisi Budaya Masyarakat Pasuruan. Kali ini Ribuan Durian Mewarnai Selamatan Desa Kronto

Selamatan Desa Kronto, Pasuruan, Lumbang
foto : hari pertama pembukaan dengan acara grebek durian


Pasuruan || Clickindonesiainfo.id - Desa Kronto dikenal sebagai sentra penghasil durian lokal unggul. Dalam upaya optimalisasi potensi durian lokal ini maka melalui kerjasama dari berbagai unsur, Kecamatan Lumbang, Pemdes Kronto, Unsur Pemuda dan petani Durian, yang diselenggarakan dalam rangka selamatan Desa Kronto sebagai agenda rutin tahunan.

Kronto, Kecamatan Lumbang, Pasuruan
foto : hari ke dua selamatan desa kronto, diwarnai dengan ribuan durian. Minggu, 28/01/2024

Acara berlangsung 2 hari sejak tanggal 27-28 minggu. Masyarakat setempat hingga luar Desa di suguhkan dengan ribuan durian yang tentunya menjadi buah khas Kronto. Selamatan desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Di jawa khususnya, ritual selamatan desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. 

"Ritual selamatan desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam, dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga untuk satu tahun mendatang”. ungkap Hariyanto salah satu tokoh Masyarakat Kronto yang juga sebagai  calon DPRD Kabupaten Pasuruan pemilihan  Dapil 4.

Pria yang biasa disebut Abah Hariyanto ini menambahkan, bahwa Acara selamatan Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun setelah musim panen tiba dan tradisi ini telah dilakukan secara turun-temurun dari zaman nenek moyang. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan acara selamatan Desa," jelasnya.

Diketahui guna mengungkapkan rasa syukur atas rahmat dan nikmat yang diterima selama ini dari yang maha Kuasa, warga desa Kronto kecamatan lumbang melaksanakan sedekah bumi atau selamatan desa dengan membawa ancak berisikan berbagai hasil bumi dan nasi tumpeng yang di arak dari rumah masing masing menuju kantor desanya.

Kepala desa Kronto, Sudin terlihat sibuk menemui tamu yang datang di kantor desanya. Mulai pejabat kecamatan lumbang, kepolisian hingga tokoh masyarakat dan warga dari dalam desa ataupun luar desa 

"perayaan selamatan desa kali ini tambah ramai mas, mungkin karena hasil bumi tahun ini juga meningkat. semoga dengan acara selamatan desa ini, warga desa Kronto semakin terjalin rasa kekeluargaan dan saling gotong royong nya," pinta kepala desa.