Iklan VIP

Redaksi
Sabtu, 13 Januari 2024, 13:53 WIB
Last Updated 2024-01-13T06:54:21Z
BencanaJatimNasionalPasuruan

Sebanyak 15 Rumah Warga Di Pasuruan Rusak Dihantam Angin Puting Beliung



Pasuruan, Clickindonesiainfo.id Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan mencatat sebanyak 10 rumah di Desa Cobanjoyo, Kecamatan Kejayan serta 15 rumah di Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton porak poranda akibat dihantam angin puting beliung, Kamis (11/1/2024) sore. Selain rumah, angin puting beliung juga merobohkan 9 pohon milik warga. 

Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Sugeng Hariyadi, mengatakan, kejadian ini sekitar pukul 17.30 WIB. Intensitas hujan yang sangat lebat disertai angin kencang berlangsung selama dua jam menjadi penyebab rumah-rumah warga banyak yang rusak dan pohon bertumbangan.

“Kami dapat laporan dari relawan dan warga yang mengatakan bahwa banyak rumah warga yang rusak dihantam angin puting beliung," kata Sugeng, Jumat (12/1/2024)  

Dalam kejadian tersebut, para pemilik rumah sengaja meninggalkan rumahnya saat kejadian. Sebab mereka melihat tanda-tanda bahwa puting beliung akan menerjang rumah mereka.

Dikatakan Sugeng, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja, seorang bocah di Desa Kalirejo mengalami luka ringan akibat tertimpa genting atap rumah yang ambrol usai diterjang puting beliung yang sudah dibawa ke puskesmas dan kondisinya tidak apa-apa. 

Pasca kejadian, petugas langsung menuju lokasi untuk membantu warga membersihkan sisa-sisa bangunan rumah yang ambruk. Sedangkan untuk pohon tumbang langsung dievakuasi agar tidak mengganggu akses jalan warga.

"Sembari melakukan pengecekan dan pendataan, kami juga memberikan bantuan logistik atas nama Pemkab Pasuruan kepada warga terdampak," ucap Sugeng. (jack)