Iklan VIP

Redaksi
Jumat, 06 Oktober 2023, 13:13 WIB
Last Updated 2023-10-06T06:19:11Z

Keberadaan Stokpil Pasir di Desa Sumberagung Grati, resahkan warga dan timbulkan penyakit gatal pada Balita


Pasuruan, Clickindonesiainfo.id - keberadaan stokpil pasir di dusun semambung desa sumberagung kecamatan Grati kabupaten pasuruan selalu mendapat perhatian masyarakat. 
foto : Lokasi stokpil milik H. Romli

Tidak hanya belum memiliki ijin lengkap, Stokpil yang dikelola oleh H. Romli asal Kecamatan Lekok tersebut dikeluhkan warga karena di anggap menjadi biang keladi atas munculnya penyakit gatal pada anak anak di sekitar lokasi, sebagaimana di akui salah satu warga Dusun Semambung. 

Wati 40 tahun, warga rt. 5,rw.4 dusun setempat pada media ini menceritakan perihal gatal gatal yang diderita anaknya akibat debu dari proses pengayakan pasir yang ada. "Bukan hanya suara dan getaran alat berat yang sangat mengganggu warga mas, namun keberadaan stokpil ini juga menyebabkan anak kecil disini terserang gatal kulit, " Kok ya diam saja pemerintahnya. Kalau bisa tutup saja stokpil nya karena tidak ada untung, malah membahayakan kesehatan warga utamanya anak anak,"Keluh wati. 

Hal senada juga di ungkapkan ketua RT di dusun semambung desa sumberagung, Didik. "Dulu sudah dipanggil oleh kepala desa pemilik stokpilnya mas, ya haji Romli itu. " Malah ada orang kecamatan dan polsek Grati juga hadir dan sudah ada pernyataan yang dibuat bersama perwakilan warga untuk memberikan kompensasi atas gangguan usaha yang ditimbulkan. Tapi hingga kini sudah beberapa bulan tidak ada komitmen pemilik stokpil yang dijalankan,"Ungkap Didik. 

Didik juga mengharapkan pemerintah desa ataupun kecamatan hingga kepolisian bertindak tegas atas keberadaan stokpil pasir tersebut. "Kalau tidak ada manfaat ke desa, apalagi malah meresahkan warga hingga timbulkan pencemaran dan penyakit pada anak. " Ya kalau bisa pemerintah bertindak menutup dulu stokpilnya, toh juga belum memiliki ijin. Tegas ketua Rt. 5 desa Sumberagung ini. 

Sementara, pemilik stokpil pasir dilokasi dusun semambung desa sumberagung saat hendak dikonfirmasi wartawan tampak bergegas pergi dengan sepeda motor nya. (jack)