Iklan VIP

Redaksi
Kamis, 08 Juni 2023, 11:14 WIB
Last Updated 2023-06-08T04:15:34Z

Kenalkan Papan Tulis Pintar ke Guru


Foto : Papan Tulis Pintar
 

SURABAYA, Clickindonesiainfo.id - Membantu dan mendukung digitalisasi pendidikan, diciptakanlah Papan Tulis Pintar untuk siswa sekolah. Hal ini pula mampu membantu para orangtua untuk terus mengawasi kegiatan anaknya dalam pembelajaran di kelas dari rumah.

Papan tulis pintar dibuat mirip dengan Interaktif Flat Panel Display. Bedanya, di dalamnya dilengkapi beberapa aplikasi dan game yang membantu pembelajaran. Alat itu kemarin dipamerkan di hadapan guru dan pengelola sekolah. Ini sangat membantu karena bisa conect dengan gadget siswa.

Penggunaan tersebut cukup membantu merangsang pembelajaran di kelas. Beberapa fiturnya juga membuat tenaga pengajar terbantu. Bahkan tidak perlu membawa laptop ke sekolah. Hanya saja kendalanya untuk guru yang senior. Untuk mengatasinya ada instruktur yang mengajari. Sebab, saat ini pihaknya memiliki satu alat yang hampir serupa.

Sementara itu, Digital Solution Executive dari PT. Aneka Cipta Total Solusindo, Samuel Dian Pramana menjelaskan, papan layar pintar itu dibuat bukan hanya membantu para guru dan siswa. 

Tapi juga untuk para wali murid yang di rumah. Sebab, melalui barcode atau email mereka bisa menerima record materi apa saja yang disampaikan di kelas dari rumah. Meskipun tidak secara real time.

“Rekaman yang diterima tidak hanya semua yang ditulis guru atau materi. Melainkan suara dan video yang terjadi di kelas. Kamera di alat itu juga otomatis mencari sumber suara. Sehingga bisa menampilkan siapa saja siswa yang aktif. Setiap pembelajaran akan terekam dalam sebuah file,” ujar Samuel di Surabaya.

Setelah kegiatan dikelas barcode akan muncul untuk mengakses rekaman. Saat di-scan secara otomatis keluar semua datanya. Samuel mengungkapkan, transformasi digital di dunia pendidikan memang tidak mudah. Karena itu harus ada pengenalan dan sosialisasi. (ari)